Jumat, 22 Juli 2016

RPP Kelas 2 SD: Menyebutkan Ciri-Ciri Tumbuhan dan Binatang

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan    : SD
Kelas / Semester        : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema Pembelajaran  : Lingkungan
Jumlah Pertemuan    : 1 x Pertemuan

A.    Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang disekitar sesuai ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
6.1.1 Menyebutkan lima ciri-ciri tumbuhan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami orang lain
6.1.2 Menyebutkan lima ciri-ciri binatang menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami orang lain
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan bimbingan guru, setelah melihat sebuah gambar tumbuhan siswa dapat menyebutkan lima ciri-ciri tumbuhan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami orang lain
2.      Dengan bimbingan guru, setelah melihat sebuah gambar binatang siswa dapat menyebutkan lima ciri-ciri binatang menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami orang lain
E.     Materi Ajar
1.      Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan
Banyak tumbuhan disekitar kalian.
Kalian dapat menyebutkan ciri-cirinya.
Ciri-ciri tumbuhan dapat dilihat dari:
·         Bentuk pohon,
·         Bentuk buah,
·         Warna buah,
·         Rasa buah,
·         Bentuk daun,
·         Bentuk biji,
·         Tempat hidup tumbuhan, dan
·         Ciri khas lainnya
Lihatlah contoh ini:

Pohon Mangga
1.      Pohon mangga pohonnya besar.
2.      Daunnya bulat panjang.
3.      Buahnya ada yang bulat dan lonjong.
4.      Buah yang mentah rasanya asam.
5.      Buah yang matang rasanya manis.
2.      Menyebutkan ciri-ciri binatang
Disekitar kita banyak sekali binatang. Ada binatang buas dan ada binatang jinak. Kalian dapat menyebutkan ciri-cirinya.
Kelinci


1.      Binatang ini namanya kelinci.
2.      Jalannya melompat-lompat.
3.      Hidungnya selalu bergerak-gerak.
4.      Telinganya lebar.
5.      Wortel makanan kesukaannya.
F.     Alokasi Waktu
2 x 30 Menit
G.    Pendekatan dan Metode
Demonstrasi
Latihan Terbimbing
Tanya Jawab
H.    Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan Awal
1.      Kegiatan pembelajaran dimulai dengan berdoa
2.      Guru menanyakan kehadiran siswa
3.     Guru memberikan apersepsi kepada siswa untuk menggali pengetahuan awal siswa dengan memberikan pertanyaan seperti:
a.       Coba sebutkan nama-nama tumbuhan yang ada disekitar kalian?
b.      Coba sebutkan nama-nama binatang yang ada disekitar kalian?
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.      Siswa diperlihatkan satu gambar tumbuhan dan satu gambar binatang
2.      Siswa memperhatikan kedua gambar yang ditunjukan oleh guru
3.      Siswa diminta menyebutkan nama tumbuhan pada gambar pertama
4.      Siswa menyebutkan nama tumbuhan pada gambar pertama yaitu gambar pohon mangga
5.      Guru mendeskripsikan salah satu ciri-ciri pohon mangga yaitu “Pohon mangga pohonnya besar” kemudian meminta siswa untuk menyebutkan ciri-ciri lainnya dari pohon mangga
6.      Siswa menyebutkan satu persatu ciri pohon mangga
7.      Salah satu siswa diminta maju kedepan kelas untuk menyebutkan lima ciri-ciri dari pohon mangga
8.      Kemudian siswa diminta menyebutkan nama binatang pada gambar kedua
9.      Siswa menyebutkan nama binatang pada gambar kedua yaitu gambar kelinci
10.  Guru mendeskripsikan salah satu ciri-ciri kelinci yaitu “Kelinci jalannya melompat-lompat” kemudian meminta lima siswa maju kedepan kelas menyebutkan ciri-ciri kelinci lainnya
11.  Siswa mengerjakan soal menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan binatang yang ada dibuku latihan
12.  Guru memberikan penguatan konsep yang belum tepat kepada siswa
Kegiatan Penutup
1.      Guru bertanya kepada siswa “Apakah ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas mengenai materi yang susah disampaikan?
2.      Guru memberikan pekerjaan rumah yang ada di buku
3.      Guru menutup pelajaran dengan memberikan salam
I.       Penilaian Hasil Belajar
a.      Tes
Sebutkan 5 ciri-ciri tumbuhan dan binatang pada gambar dibawah ini!
1.      Jagung
2.      Pepaya
3.      Ubi
4.      Sapi
5.      Harimau
6.      Bebek

b.      Kunci Jawaban
1.      Jagung tumbuh di kebun
Batang pohonya kecil
Daunnya panjang
Buah jagung yang masak berwarna kuning
Buah jagung ujungnya berambut
2.      Pohon pepaya batangnya tinggi
Buahnya berbentuk bulat dan lonjong
Buah pepaya rasanya manis
Buah pepaya memiliki banyak biji
Daun pepaya bentuknya menjari
3.      Pohon ubi batangnya kecil
Daunnya berbentuk menjari
Daunnya dapat dijadikan sayur
Buah ubi terdapat pada akarnya
Buah ubi berwarna putih
4.      Sapi adalah binatang ternak
Sapi berkaki empat
Sapi suka mengembo
Makanan sapi adalah rumput
Daging sapi rasanya lezat
5.      Harimau adalah binatang buas
Harimau berkaki empat
Harimau suka mengaum
Harimau makanannya daging
Harimau bulunya belang
6.      Bebek adalah binatang ternak
Bebek berkaki dua
Bebek mempunyai sayap
Bebek dapat bertelur
Bebek bisa berenang di air

c.       Penilaian




J.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber Belajar
Iskandar, Sukini. 2009. Bahasa Indonesia Kelas 2 SD/MI. Jakarta: Mitra Media Pustaka
2.      Media Pembelajaran
Kertas gambar tumbuhan dan binatang

1 komentar: