Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 3 Pontianak Kota
Kelas/Semester : III/ II
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pembelajaran : Luas Persegi Panjang
Jumlah Pertemuan : 1 x
pertemuan
I.
Standar Kompetensi : 5. Menghitung keliling, luas
persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
II.
Kompetensi Dasar : 5.2 Menghitung luas persegi dan
persegi panjang
III. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1.3.1.
Menemukan rumus persegi panjang
1.3
2 Menghitung luas persegi panjang
IV. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah melakukan peragaan dengan
alat peraga kertas origami, siswa dapat
membuat peragaan urutan langkah-langkah menemukan rumus luas persegi
panjang
2. Setelah melakukan peragaan dengan
alat peraga kertas origami dan tanya jawab, siswa dapat menuliskan rumus
menghitung luas persegi panjang
3. Setelah tanya jawab dan latihan cara
menghitung persegi panjang dengan rumus, siswa dapat menghitung luas persegi
panjang dengan rumus
v Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis,
Tanggung-jawab , teliti, Menghargai
Prestasi.
V.
Materi Pembelajaran : Luas Persegi
Panjang
A. Uraian
Materi Pembelajaran
1. Peragaan menurunkan rumus persegi
panjang
Caranya:
Gambar sebuah persegi panjang
![]() |
2. Langkah selanjutnya buatlah persegi
satuan menggunakan kertas origami kemudian gunting kecil-kecil

Tutuplah persegi panjang tersebut
dengan persegi panjang yang telah digunting
Hitung ada
berapa persegi satuan yang dapat menutupi daerah tersebut
Jumlah
persegi satuannya yaitu: 15 satuan
Kemudian tutupilah sebagian persegi
panjang yang diwakili oleh bagian salah satu kolom dan baris
Jika banyak kolom adalah p dan
banyak baris adalah l, maka dapat diperoleh rumus luas persesegi panjang
adalah:
L = panjang x lebar
p x l
3. Contoh penerapan rumus menghitung
luas persegi panjang
Diketahui persegi panjang dengan
panjang 5 cm dan lebarnya 3 cm. Hitunglah luasnya!
Penyelesaikan
Diketahui: panjang = 5 cm, lebar = 3
cm
Ditanyakan: Luas persegi panjang?
Jawab: L = p x l
= 5 cm x 3 cm
= 15 cm
Jadi, luas persegi panjang tersebut
adalah 15 cm2
VI. Alokasi
Waktu: 2 x 35
menit
VII.
Metode Pembelajaran
1. Ekspositori (penjelasan, t.
Jawab, penugasan)
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Penugasan
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan (3 menit)
1. Salam dan doa
2. Absensi siswa
3. Apersepsi : Tanya jawab tentang luas
persegi panjang
Diketahui persegi panajang dengan
panjang 5 cm dan lebar 3 cm. Hitunglah luasnya.
4. Informasi materi dan tujuan
pembelajaran
5. Informasi kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan
6. Mengkondisikan kelas
B. Kegiatan
Inti (25 menit)
1. Tanya jawab tentang unsur dan
sifat-sifat persegi panjang (eksplorasi)
2. Membimbing siswa untuk menggambar
dua persegi panjang dibuku catatan siswa dan sebuah persegi panjang pada kertas
origami dengan panjang 5 cm, dan lebar 3 cm (eksplorasi)
3. Melatih dan membimbing siswa dengan
peragaan untuk menggaris persegi panjang menjadi persegi satuan yang sama besar
(eksplorasi)
4. Melatih dan membimbing siswa untuk menggunting
persegi panjang yang telah digaris pada kertas origami menjadi persegi satuan
kecil (eksplorasi)
5. Melatih dan membimbing siswa untuk
menempelkan persegi kecil pada gambar persegi panjang yang ada dibuku catatan
(eksplorasi)
6. Tanya jawab dengan siswa tentang
jumlah persegi satuan yang telah ditempelkan pada persegi panjang di buku
catatan (konfirmasi)
7. Membimbing siswa untuk menutupi
bagian persegi panjang pada bagian kolom dan baris gambar dengan potongan
persegi kecil (eksplorasi)
8. Mengadakan tanya jawab dengan siswa
tentang bagian kolom dan baris yang mana yang mewakili panjang dan lebar persegi
panjang
9. Membimbing siswa untuk menentukan
rumus luas persegi panjang (eksplorasi)
10. Menugaskan siswa yang berani maju ke
depan kelas untuk menuliskan rumus luas persegi panjang di papan tulis maupun dinding kelas
(eksplorasi)
11. Bersama siswa sama-sama memberikan
penhargaan/pujian terhadap siswa yang berani maju ke depan kelas untuk
menuliskan rumus luas persegi panjang (konfirmasi)
12. Melatih dan membimbing siswa cara
menerapkan rumus untuk menghitung luas persegi panjang (elaborasi)
13. Melatih siswa untuk menyelesaikan
soal-soal untuk menghitung luas persegi panjang (elaborasi)
14. Membimbing siswa berdiskusi kelompok
mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan luas daerah persegi panjang
(elaborasi)
15. Menugaskan setiap kelompok
melaporkan hasil pekerjaan (konfirmasi)
16. Menerapkan model curah pendapat
untuk menyepakati jawaban setiap kelompok (konfirmasi)
C. Kegiatan
Penutup (7 menit)
1. Bersama siswa mengadakan refleksi
terhadap kegiatan pembelajaran
2. Bersama siswa merangkum materi
pelajaran
3. Guru melaksanakan penilaian akhir
4. Refleksi terhadap hasil penilaian
5. Mengadakan tindak lanjut
6. Guru menutup pelajaran
IX. Penilaian
A.
Teknik:
Tes
B.
Prosedur
Penilaian hasil : Kemampuan siswa
menyelesaikan soal akhir pembelajaran
C.
Jenis
tes : Tulisan
D.
Bentuk
tes : Essay
E.
Instrumen
Penilaian
Selesaikan
Soal berikut dengan menulis apa yang diketahui, yang ditanya dan penyelesiaan:
1.
Sebuah
persegi panjang mempunyai panjang 9 cm dan lebar 6 cm. Berapakah luas trapesium
tersebut?
2.
Sebuah
persegi panjang dengan panjang 12 cm dan lebar 7 cm. Hitunglah luas trapesium
tersebut.
3.
Diketahui
panjang sebuah persegi panjang adalah 8 cm. Apabila lebar persegi panjang 4 cm.
Hitunglah luasnya.
4.
Perhatikan
gambar berikut
![]() |
![]() |
||
5 cm
10 cm
Hitunglah persegi panjang tersebut.
F.
Kunci
Jawaban
1. Dik : panjang 9 cm dan lebar 6
cm
Dit
: Luas persegi panjang
Jawab : L = p x l
= 9 cm x 6 cm
= 54 cm2
2. Dik : panjang 12 cm dan lebar 7
cm
Dit : Luas persegi panjang
Jawab : L = p x l
= 12 cm x 7 cm
= 84 cm2
3.
Dik:
panjang 8 cm dan lebar 4 cm
Ditanya
: luas persegi panjang
Jawab:
L = p x l
= 8 cm x 4 cm
= 32 cm2
4.
Dik
: panjang 10 cm dan lebar 5 cm
Dit : persegi panjang
Jawab : L = p x l
= 10 cm x 5 cm
= 50 cm2
G.
Pedoman
penskoran/penilaian
Soal no. 1
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui, jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab penyelesaian soal benar
|
15
|
Jumlah skor
|
25
|
Soal no. 2
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui, jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab penyelesaian soal benar
|
15
|
Jumlah skor
|
25
|
Soal No. 3
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui, jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab penyelesaian soal benar
|
15
|
Jumlah skor
|
25
|
Soal no. 4
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui, jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab penyelesaian soal benar
|
15
|
Jumlah skor
|
25
|
X.
Media/alat peraga/Sumber Belajar
A.
Media/Alat
Peraga
Bahan ; Kertas origami; kertas
manila
Alat: 1.Gunting
2. Lem
B.
Sumber
Belajar
Fajariyah, Nur. 2008. Cerdas
Berhitung Matematika Untuk Sd/Mi Kelas 3. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional , hal. 180-181
Pontianak,
22 April 2016
Guru
Ariyo
IZIN COPAS YA PAK. SANGAT BERMANFAAT. TERIMA KASIH
BalasHapus